Seni Musik : Orcestra

Wikipedia.org


Pengenalan

          Seni Musik Orkestra merupakan seni music yang dimainkan Bersama-sama atau sekelompok musisi yang memainkan alat music secara Bersama-sama. Seni music ini termasuk didalam seni music klasik dan sampai saat ini seni music orchestra ini tetap dimainkan dan banyak dinikmati oleh banyak orang karena dapat menghibur kedalam suasana yang epic, tak heran jika seni music orchestra ini tetap di minati banyak orang. Biasanya music orchestra dimainkan diruang yang cukup luas dan memainkan berbagai repertoar seperti shymphony, music opera, ballet dan lain-lainnya.
 
          Seni Musik Orkestra dapat dimainkan oleh sekolompok orang atau sampai 100 orang lebih. Alat yang biasa dimainkan music orchestra biasanya alat music gesek, alat music tiup, alat music pukul, alat music petik, dan ada juga sebagian yang di iringi oleh vocal.

          Sejarah dari music orchestra, kata orchestra yang berarti merujuk pada lokasi paduan suara dan menari bagi bangsa Yunani. Pada awal abad XVIII arti dari istilah orchestra diperluas untuk para pemain music tersendiri dan sebagai identitas mereka sebagai sebuah ansambel. Sebelum istilah orchestra menjadi mapan didalam Bahasa eropa yang beragam, muncul berbagai ungkapan yang digunakan untuk mengindikasikan kelompok pemain music yang besar.


Apresiasi Musik Orchestra

          Sebagai masyarakat pecinta seni music, mendapat pengalaman dengan melihat perutnjukan music orchestra, di istilahkan dengan pengalaman seni atau respon estetik. Seperti daam kehidupan sehari-hari maka pengalaman seni juga merupakan sebuah pengalaman yang melibatkan pikiran, perasaan, penginderaan, dan intuisi manusia. Namun pengalaman seni berlangsung dalam kualitas pengalaman tertentu yang kadang berbeda dengan kehidupan sehari-hari. Jakob Sumardjo menjelaskan, didalam pengalaman seni, unsur perasaan merupakan kekuatan pokok yang dapat menggerakkan serta mendasari unsur potensi manusia yang lain.

          Kemampuan penguasaan Teknik dalam memainkan alat music mutlak di perlukan dalam sebuah orchestra, karena daya Tarik Utama dari music adalah bunyi sebagai sumber aesthetic yang terus digali. Keindahan bunyi yang mempesona hanya bisa dimunculkan dengan Teknik permainan yang baik pula.

Kesimpulan

          Orchestra yang saat ini dikenal luas oleh dunia ternyata memang menarik untuk dibahas. Kekayaan dan kekuatan bunyi yang dimiliki oleh orchestra memunculkan pesona tersendiri. Meskipun alat music yang digunakan juga banyak ternyata mampu menyatu dalam sebuah harmoni yang indah. Dari para anggota yang bergabung dalam sebuah orchestra akhirnya terbentuk dalam sebuah komunitas baru. Dalam komunitas berlaku sifat anti struktur, dimana struktur yang ada dalam masyarakat sehari-hari lepas dan tidak berlaku dalam sebuah komunitas.



         Yaaaah itulah pembahasan dari kami tentang seni music orchestra yang dapat kami sampaikan, sedikit ilmu yang dapat kami sampaikan dapat menambah wawasan tentang seni music kalian dan semoga bermanfaat untuk kedepannya. Pantengin terus situs kami jika anda ingin menambah wawasan tentang Seni, sekian dan terima kasih.

         

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel