Seni Rupa 3 Dimensi : Penjelasan

Karya Seni Rupa 3 Dimensi blogspot.com

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

          Seni Rupa 3 Dimensi adalah seni yang hasil karyanya mempunyai lebar, tinggi, Panjang, ruang dan bisa dilihat dan diraba dari segi manapun akan terasa hidup nyata. Seni rupa 3 dimensi jika dilihat dari pembuatannya selalu memiliki proses dan tahapan. Didalam tahapan tersebut perlu memerlukan alat, Teknik, dan wadah untuk proses pembuatan karya seni rupa 3 dimensi.

           Seni Rupa 3 Dimensi juga sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita, hasil karyanya tidak terlihat indah saja namun ada juga yang hasil karyanya yang sangat fungsional bagi fisik dan psikis. Seni ini juga bias dibuat sarana belajar, berikut kami akan jelaskan dibawah ini;




Fungsi dari Seni Rupa 3 Dimensi.

            Inilah fungsi dari seni rupa 3 dimensi ;
1. Fungsi Hiasan
     Fungsi ini sering kita lihat dikeseharian kita pastinya, contohnya kita sering melihat di rumah-rumah kita maupun ditetangga kita seperti vas bunga hias, guci, maupun kepala hewan yang diawetkan sebagai hiasan di dinding-dinding seperti kepala rusa, kerbau, singa, dan banteng.

2. Sarana Peringatan
     Fungsi ini biasanya kita melihat di tempat-tempat sejarah untuk memperingati suatu history dari kejadian tersebut seperti contoh batu prasasti maupun tugu pahlawan.

3. Sarana Rekreasi
     Di sebut sarana rekreasi karena merupakan wujud karya seni rupa 3 dimensi dari sejarah itu sendiri, seperti contoh Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi tikus, dan beberapa candi-candi di seluruh negara Indonesia.


 Jenis-jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi.

Hasil Karya Seni Rupa 3 Dimensi Murni,  blogspot.com

1. Karya Seni Rupa 3 Dimensi Murni merupakan karya seni yang hanya memperhatikan dari kreativitas dan ekspresinya. Karya seni ini hanya untuk keindahannya saja, sebagai contoh seni patung seni rupa 3 dimensi yang mempunya Panjang dan lebar yang dibuat untuk hiasan yang menonjolkan dari keindahannya saja dari pada fungsinya.

Hasil Karya Seni Rupa 3 Dimensi Terapan, blogspot.com

2. Karya Seni Rupa 3 Dimensi Terapan merupakan karya seni yang fungsinya untuk membantu kebutuhan sehari-hari. Karya seni ini tidak sekedar lebih dari fungsinya tetapi juga mempunyai bentuk yang indah karena itu karya ini disebut sebagai Karya Seni Rupa 3 Dimensi Terapan sebagai contohnya alat-alat perabotan rumah, kursi ,lemari, meja termasuk hasil karya seni rupa 3 dimensi terapan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel